Monday, April 13, 2009

Info Tentang Bali

Q:
Dear all,

Saya sudah baca buku anda "Jalan jalan Bali". Buku tersebut cukup informatif, dan membuat saya yang orang Bandung dan belum pernah ke Bali jadi ingin ke sana.

Ada beberapa pertanyaan yang mudah-mudahan anda tidak keberatan menjawabnya :

1. Kapan 'lowest season' di Bali ?
2. Untuk rencana liburan 4/5 hari di bali dengan rencana kunjungan yang tidak begitu banyak, hanya sekitar Denpasar, Kuta/Legian, Gunung & danau Batur, dengan kondisi transportasi 100% kendaraan umum, apakah hotel sebaiknya di Denpasar atau berpindah-pindah di sekitar lokasi wisata yang dituju?
3. Apa ada mahasiswa/orang Bali yang mau di guide pribadi, kira-kira berapa tarifnya?

Untuk sementara itu dulu pertanyaan saya, semoga dapat di jawab.

Thanks,
Daud
Daud Usmanto [daud.usmanto@yahoo.com]

A:
Dear Bapak Daud,

Terima kasih telah memiliki buku Jalan-Jalan Bali.
Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Bapak adalah sebagai berikut:

1. Lowest season: antara bulan Maret- Juni dan September-November, namun tiap-tiap hotel menentukan peak season yang berbeda. Hotel bintang 5 mengacu pada jadwal liburan di masing-masing Negara. Misal: Juli-Agustus adalah (karena libur sekolah di Australia & liburan musim dingin di Eropa). Desember-minggu kedua Januari (liburan akhir tahun hamper di seluruh dunia). Hotel melati di seputar Kuta/Legian/Seminyak, Tuban: Peak season tergantung juga dengan liburan nasional. Misal: Libur Lebaran, Bali selalu penuh sesak oleh wisatawan domestik saat libur Lebaran

2. Bila tujuan anda lebih banyak di Denpasar, Kuta/Legian, sebaiknya menginap di sekitar Kuta atau Denpasar. Untuk ke Gunung dan Danau Batur, anda dapat menyewa kendaraan roda empat lengkap dengan pengemudinya.

3. Untuk berlibur di sekitar Kuta/Legian dan Denpasar, anda tidak memerlukan guide. Untuk ke Gunung dan Danau Batur, pengemudi anda dapat merangkap sebagai guide. Sebagian besar pengemudi di Bali dapat memandu wisatawan. Atau banyak juga penyedia jasa guide freelance dan tarifnya tergantung tujuan dan waktu.

Selamat berlibur ke Bali dan kami tunggu tulisan pengalaman anda.

Salam kreatif,
Maria Ekaristi & Agung Bawantara
http://jalan-jalan-bali.blogspot.com

No comments:

Post a Comment